Apa itu STEAM

Mengenal Apa Itu STEM dan STEAM?

Mengenal STEM dan STEAM – Proses pendidikan pada masa kini telah bergeser dari pembelajaran yang berpusat pada guru atau teacher center menuju pembelajaran yang berpusat pada peserta didik atau student center. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran harus menekankan proses pembelajaran yang mengedepankan kebutuhan peserta didik.

Guru sebagai fasilitator harus lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan situasi proses belajar di kelas sehingga lebih menarik bagi para peserta didik.

Mengenal Apa Itu STEM dan STEAM

Pada saat ini kita mengenal satu metode pembelajaran dengan nama STEM yaitu singkatan dari Science, Technology, Engineering, Mathematic.

STEM merupakan sebuah metode dimana Sains, Teknologi, Teknik (Engineering) dan Matematika terintegrasi dalam proses pendidikan yang berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari serta dalam kehidupan profesional.

STEM pada dasarnya adalah integrasi beberapa disiplin yang juga masih terbuka untuk disiplin lainnya yang bisa diintegrasikan, karena itu ada juga yang menambahkan salah satu disiplin yaitu Art atau Seni sebagai bagian dari pembelajaran model ini sehingga menjadi Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics atau disingkat STEAM.

Model pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran berbasis STEAM seperti model pembelajaran di  Hompimpaa adalah pembelajaran yang berorientasi pada tahap-tahap:

  1. Bagaimana cara berpikir atau way of thinking
  2. Cara bekerja atau way of working
  3. Penggunaan alat untuk bekerja atau tools for working
  4. Keterampilan hidup atau skills for living in the world

Di dalam proses pembelajaran seperti ini peserta didik secara langsung dapat mengembangkan kemampuannya dalam banyak hal, seperti:

  1. Pemecahan masalah
  2. Kreativitas
  3. Kemampuan menganalisa secara kritis
  4. Kerjasama
  5. Kemandirian dalam berpikir
  6. Inisiatif diri
  7. Komunikasi
  8. Kemampuan dalam dunia digital
Baca Juga  STEAM, Metode Belajar Kekinian Penghasil SDM Berkualitas
video penjelasan mengenai STEM dan dunia kerja

STEAM Dalam Profesi

Apabila sekarang kita meminta anak-anak untuk menggambar seorang ilmuwan, kira-kira apa yang akan mereka gambar? Apa yang Parents bayangkan akan mereka gambar? Kemungkinan besar, anak-anak akan menggambar seorang pria dengan jas lab berwarna putih.

Kemudian kita minta mereka untuk menggambar seorang Insinyur, kemungkinan besar mereka akan menggambar seorang pria sebagai pekerja konstruksi.

Dalam dunia karir STEM atau STEAM, profesi tidak hanya terbatas pada seragam keren, laboratorium yang bagus maupun universitas favorit, tetapi jauh melebihi itu.

Tanpa menggunakan seragam, ada ratusan pilihan karir dalam STEAM yang juga memiliki banyak sekali variasi keterampilan. Sebagian besar pengusaha mencari orang yang terampil dalam kerja tim, kreativitas, dan komunikasi.

STEAM sangat dibutuhkan supaya generasi kita dapat mengatasi masalah-masalah yang sedang dihadapi masyarakat kita saat ini. Kenapa?

Untuk memecahkan masalah sosial, kita membutuhkan tim yang dapat mewakili semua orang, memiliki keterampilan yang sangat bervariasi, bagus dalam kerja tim, memiliki kreativitas dan memiliki komunikasi yang bagus. Semua hal tersebut dapat ditemukan dalam profesi STEAM. Karena menjangkau jauh dan melampaui ruang kelas lab atau universitas.

Selalu ada tempat untuk semua orang dalam profesi STEAM. Orang yang memiliki background STEAM dapat berpindah profesi ke lapangan kerja yang lain dengan mudah tanpa menemui masalah.

Cara Mengenalkan STEAM Kepada Anak Sejak Dini

Sebagai orang tua, pendidik dan/atau wali, kita sangat memiliki pengaruh dalam membimbing anak-anak kita, kita memiliki pengaruh yang sangat besar untuk menentukan apa yang akan dan harus mereka pelajari untuk mengejar karir.

Berdasarkan informasi dari UBC Geering Up Engineering Outreach, sebanyak 76% siswa berkata bahwa orang tua lah yang mempunyai pengaruh paling besar dalam menentukan arah pendidikan mereka, sedangkan sebanyak 24% berkata guru mereka lah yang memiliki peran terbesar. Kenalkan lah anak-anak kepada STEAM semenjak dini.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu Project Based Learning

Ini adalah beberapa cara untuk mengenalkan STEM/STEAM kepada anak Anda:

  1. Kenalkan kepada anak Anda melalui informasi dari internet
  2. Ikutkan mereka ke Kelas Online Berbasis Project Based Learning yang dipadukan dengan Project STEAM
  3. Bawa mereka ke event-event lokal yang memiliki Trial Gratis untuk Kelas STEAM.

Untuk Parents yang berdomisili di Purwokerto dan sekitarnya dapat mengikuti Kelas Offline Hompimpaa atau dapat mencoba Trial Gratis terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi Instagram Hompimpaa atau Chat CS Hompimpaa.

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.