Apa Itu STEAM

STEAM, Metode Belajar Kekinian Penghasil SDM Berkualitas

Parents, dunia pendidikan kerap berkembang dan mengubah sistemnya menyesuaikan dengan jaman. Saat ini juga mulai dikenal kelas STEAM yang bagus untuk mengajarkan anak-anak berpikir kritis dan berani berpendapat.

Beda dari sebelumnya yang mana dalam kelas selalu terjadi komunikasi satu arah dari sang guru, namun kini mulai bergeser menjadi kepada para murid.
Seperti apa kelas tersebut? Apa kelebihannya bagi sang anak?

Mengenal STEAM

Biasanya lebih dikenal hanya STEM yang lebih menekankan pada pembelajaran Science, technology, engineering, mathematic, namun STEAM menambahkan satu pembelajaran art atau seni sebagai penyeimbangnya.

Art menjadi salah satu bagian dari metode pembelajaran STEAM
Art menjadi salah satu bagian dari metode pembelajaran STEAM

Seperti yang dijelaskan Kemendikbud, STEAM akan mengajarkan pada murid untuk menyelesaikan permasalahan dengan memadukan cara-cara kreatif, tak hanya berlandaskan logika saja.
STEAM sangat bagus untuk mengajarkan anak dalam menghadapi permasalahan di dunia nyata. Pembelajaran ini memang lebih cocok diterapkan di masa pandemi seperti sekarang, yang mana memerlukan kolaborasi dengan orang tua.

Model pembelajaran baru ini tak hanya diterapkan bagi siswa siswi sekolah dasar saja, tetapi bisa juga diterapkan di berbagai jenjang pendidikan lainnya seperti universitas.

Tujuan STEAM

Apa tujuan dari terciptanya metode pembelajaran baru ini? Tujuan dari STEAM yakni ingin peningkatan pengetahuan serta pemahaman para murid terkait science, technology, engineering, art, math.

Apa yang dipahami oleh murid diharap mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya saat dihadapi oleh suatu permasalahan, penentuan keputusan demi berkembangnya seorang manusia.

5 Disiplin Ilmu STEAM

Science (Sains)

Setiap murid akan diajarkan ilmu-ilmu pengetahuan terkait teori konsep, hukum yang telah lama ditetapkan secara alam dengan cara empiris objektif.

Technology (Teknologi)

Di jaman serba menggunakan alat-alat ini, para murid akan diajarkan keterampilan dalam penggunaan alat yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan. Selain cara penggunaannya, mereka juga diajarkan cara membuatnya.

Engineering (Teknik)

Dalam mencari jalan keluar tiap masalah, murid akan diberikan cara-cara perancangan sistem mulai dari aturan-aturan beserta prosedur penyelesaiannya.

Art (Seni)

Para murid akan dilatih untuk berkreasi, menuangkan ide-ide kreatifnya terhadap sebuah produk. Yang mana produk tersebut dibuat sekiranya bisa diterima masyarakat.

Math (Matematika)

Dalam disiplin matematika akan diajarkan korelasi dari ruang dan angka, besaran yang dapat digunakan saat pembuatan argumen yang logis dan rasional.

Nantinya akan diterapkan melalui proyek yang diberikan, lalu murid perlu memahami dan membangun sendiri pengetahuan juga pemahamannya.

Komponen-Komponen STEAM

Ada beberapa komponen-komponen yang terdapat di dalam metode ajar terbaru ini, simak diantaranya;

  • Penyelesaian masalah lewat desain dan inovasi.
  • Lingkungan belajar yang menerapkan process based learning dan kolaboratif.
  • Memfokuskan pada hal-hal yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Rencana belajar, asesment, serta standar pembelajaran yang saling terkait satu sama lain.
  • Mengombinasikan lebih dari satu subjek.

Manfaat Metode STEAM

Siap Akan Perubahan

Para peserta didik yang belajar dengan metode ini tentunya akan jauh lebih siap menerima perubahan di lingkungannya berkat adanya pembelajaran terkait dunia teknologi.

Meningkatkan Minat Profesi

Pemilihan akan ketertarikan terhadap bidang profesi yang dipilih di masa depan mesti dipersiapkan sedari dini. Gaya ajar STEAM memiliki manfaat untuk pengenalan serta peningkatan minat terhadap profesi yang lebih luas lagi.

Tak hanya sekadar menjadi seorang dokter, kimiawan tetapi STEAM akan kenalkan lebih luas dari itu seperti profesi kewirausahaan, public speaker dan masih banyak lagi.

Kerja Sama Tim

Di sini para murid akan diajarkan caranya kerja sama tim untuk penyelesaian masalah. Parents juga pasti sadar bahwa bukan hal yang mudah untuk bekerja sama dengan orang lain dalam menyelesaikan permasalahan. Butuh cara-cara tertentu agar berhasil diselesaikan bersama. Inilah salah satu manfaat dari sistem STEAM.

Disesuaikan Dengan Kehidupan

Belajar berdasarkan teori saja tentu tak cukup. Perlu ada praktiknya juga agar siap jika suatu hari dihadapi dengan hal tersebut.

STEAM akan memberikan banyak pelajaran yang makin disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga murid jauh lebih siap dalam menghadapinya.

Meningkatkan Literasi

Karena segalanya akan dipusatkan kepada murid, tentu saja murid harus menyiapkan pengetahuan dan wawasan sebanyak mungkin saat berada di kelas.

Think before you speak, read before you think
Think before you speak, read before you think

STEAM akan mendorong anak-anak untuk lebih banyak membaca, tentu ini hal yang sangatlah baik demi perkembangan daya pikir mereka ya, Parents.

Sumber Daya Berkualitas

Tak hanya jadi pengguna aktifnya, tetapi dari STEAM juga diharapkan para murid bisa menjadi sang produsennya yang banyak berkontribusi dalam penciptaan teknologi terbaru.

STEAM Bantu Mengasah Keterampilan

Kelas STEAM akan menerapkan jenis-jenis keterampilan yang banyak digunakan pada jaman sekarang, ada empat keterampilan yang nantinya diasah selama proses pembelajaran.

Critical Thinking (Berpikir Kritis)

Berpikir kritis sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam satu kondisi Parents juga pernah harus berpikir secara kritis dalam menyelesaikan suatu masalah atau penentuan keputusan.

Critical thinking tak serta merta bisa muncul begitu saja, butuh diasah sedikit demi sedikit supaya makin cepat diterapkan dalam kondisi tertentu.

Creativity (Kreatifitas)

Jaman sekarang semua orang dituntut untuk bisa kreatif. Dengan memiliki pemikiran kreatif, murid bisa mengatasi ragam permasalahan dengan cara lainnya yang mereka anggap jauh lebih efektif. Kreativitas juga akan membantu dalam mempermudah hidup, seperti misalnya saat sang anak ingin menjadi pengusaha dan ia tahu apa yang perlu dibuatnya agar berbeda dari yang lain.

Collaboration (Kolaborasi)

Anak-anak akan diajarkan untuk selalu berkolaborasi dengan kawan-kawannya. Bekerja sama tim tentu dapat memberikan banyak kemudahan dalam hidup. Setiap pembelajarannya akan menuntut siswa untuk bekerja sama antar siswa.

Dari sini pun mereka bisa terlatih bagaimana caranya berperilaku dan bertindak dalam sebuah organisasi yang berguna bagi masa depan mereka.

Communication (Komunikasi)

Komunikasi memang terlihat mudah, tetapi kenyataannya tak semua orang tahu caranya berkomunikasi yang efektif. Keterampilan selanjutnya yang akan diasah adalah bagaimana cara berkomunikasi.

Anak-anak juga dilatih dalam hal public speaking yang mana ini butuh jam terbang tinggi untuk mengatasi rasa gugup dan menjadi seorang storyteller yang baik.

Adanya Peran Orangtua

Parents pun di sini tak sekadar mendaftarkan anak ke dalam kelas berbasis STEAM, akan tetapi diminta untuk turut serta mendorong anak aktif selama di kelas.

Seperti contohnya bagi sebagian anak bertanya kepada guru membuatnya muncul perasaan malu atau gugup, namun kelas STEAM ingin orang tua bisa mendukung sang anak untuk berani mengajukan pertanyaan.

Kolaborasi bersama orangtua juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, Parents akan menerapkannya dimulai dengan cara mengarahkan mereka agar mencari cara kreatif, penyelesaian dan analisa masalah, eksplorasi, dan lainnya.

Kenapa Harus Pilih STEAM?

Mengapa Parents lebih disarankan memilih pembelajaran berbasis STEAM?

Bantu Hilangkan Penghambat Ide

Dalam mengungkapkan sebuah pendapat atau melakukan sesuatu, manusia juga kadang dirundung rasa takut. Takut akan melakukan kesalahan misalnya. Namun, STEAM bisa menghilangkan perasaan tersebut sebab dalam seni tak pernah ada kata salah.

Dengan adanya seni tersebut jelas anak-anak akan lebih berani mengungkapkan ide-ide yang ada dalam pikirannya tanpa ada rasa takut lagi.

Kekuatan Observasi

Segala penyelesaian masalah akan dilakukan dengan cara observasi hingga pengujian solusinya. Hal ini bagus untuk mengajarkan murid bagaimana untuk bertindak saat dihadapkan oleh sebuah masalah. Apa pun yang terjadi akan diobservasi terlebih dulu.

Mengarahkan Untuk Berinovasi

Seorang murid sedang melakukan percobaan elektronika
Seorang murid sedang melakukan percobaan STEAM elektronika

Di era seperti sekarang segalanya butuh berinovasi dalam menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. STEAM akan lebih memfokuskan pada cara-cara yang terarah kepada inovasi.

Menyesuaikan Jaman

Perkembangan jaman sekarang ini sangatlah cepat, salah satu kegunaan dari terciptanya metode STEAM adalah untuk menjawab setiap tantangan perubahan.

Peserta didik nantikan bisa lebih siap dan mudah beradaptasi dengan jaman yang makin berubah.

Cocok Untuk Pembelajaran Dari Rumah

STEAM yang serba mengandalkan teknologi ini sangat cocok diterapkan untuk pembelajaran dari rumah seperti sekarang. Proses belajar tentu dirasa lebih menyenangkan dan efektif.

Nah, itu dia kenapa kelas STEAM sangat cocok dipilih bagi sang buah hati demi siap menghadapi perkembangan jaman. Apakah Parents akan beralih menggunakan metode satu ini?

Parents tak perlu susah mencari kelas berbasis STEAM, kunjungi Hompimpaa.id untuk informasi kelas lebih lanjut. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.
Forgot Password
Enter your email address or username and we’ll send you instructions to reset your password.